ciri sosiologi sebagai Ilmu Pengetahuan \__~(˘▾˘~)


Ciri Sosiologi sebagai Ilmu Pengetahuan \__~(˘˘~)

            Sosiologi merupakan sebuah ilmu pengetahuan karena mengandung beberapa unsur. Adapun ciri-ciri sosiologi sebagai ilmu pengeahuan adalah sebagai berikut.
1.      Sosiologi bersifat Empiris. Sosiologi dalam melakukan kajian tentang mansyarakat didasarkan pada hasil observasi, tidak spekulatif, dan hanya menggunakan akal sehat.
2.      Sosiologi bersifat teoritis. Sosiologi berusaha menyusun abstraksi dari hasi-hasil observasi. Abstraksi adalah kerangka yang di dapat dari unsur-unsur yang di dapat didalam observasi, disusun secara logis, serta memiliki tujuan untuk menjelaskan hubungan sebab akibat.
3.      Sosiologi bersifat Kumulatif. Teori-teori sosiologi dibentuk berdasarkan teori-teori yang tekah ada sebelumnya dalam arti memperbaiki, memperluas, dan memperhalus teori-teori lama.
4.      Sosiologi bersifat non-etis. Yang dilakukan sosiologi bukan mencari baik buruk suatu fakta. Tetapi menejelaskan fakta-fakta tersebut secara analitis. Itulah sebabnya para sosiolog bertugas untuk berkhotbah dan mempergunjingkan baik buruknya tingkah sosial suatu masyarakat.
Tokkoh pertama yang pertama meletakka sosiologi sebagai ilmu adalah Emile durkheim. Durkheim menyatakan bahwa sosiologi memiliki objek kajian yang jelas yaitu fakta sosial.durkheim mendefinisikan fakta sosial ini sebagai sebuah cara bertindak, berfikir, dan merasa, yang berada di luar individu dan mempunyai kekuatan memaksa yang mengendalikan. Contoh, kita harus menggunakan tangan kanan ketika bersalaman, kita harus menghormati orang yang lebih tua dan mengucapkan salam bila bertemu dengan orang lain.
Sementra untuk metodologi, durkheim mengungkapkan konsep bebas nilai (value free). Menurut konsep ini seorang sosiolog alam melakukan penelitian terhadap masyarakat perlu melakukan batasan antara yang diteliti dengan yang meneliti. Dengan demikian, hasil penelitian yang didapatkan dapat bersifat objektif. Seperti layaknya ilmu alam, Durkheim memiliki masyarakat sebagai laboratorium raksasa dan para sosiolog adalah ilmuan yang mengamati dan bereksperimen sehingga dapat bermanfaat bagi masyarakat.

Penulis : Unknown ~ Sebuah blog yang menyediakan berbagai macam informasi

Artikel ciri sosiologi sebagai Ilmu Pengetahuan \__~(˘▾˘~) ini dipublish oleh Unknown pada hari Minggu, 07 Oktober 2012. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar.sudah ada 0 komentar: di postingan ciri sosiologi sebagai Ilmu Pengetahuan \__~(˘▾˘~)
 

0 komentar:

Posting Komentar