Senam Ritmik Menggunakan Tali



Senam - Ritmik



Pesenam ritmik memadukan keanggunan dan seni untuk menciptakan rangkaian gerakan yang sedap dipandang mata di salah satu dari dua cabang olahraga dalam ajang Olimpiade yang diperlombakan khusus untuk putri - yang satunya lagi adalah renang indah.
Olahraga ini merupakan kombinasi senam dan tari, di mana peserta lomba menampilkan gerakan yang telah dikoreografi di atas lantai seluas 13 meter persegi ditemani iringan musik dengan menggunakan alat seperti simpai, bola, pita dan gada.
Sebelumnya berada di bawah bayang-bayang cabang olahraga senam artistik yang telah lama ada, popularitas senam ritmik secara perlahan mulai meningkat setelah olahraga ini tampil perdana dalam Olimpiade di Los Angeles 1984 - 20 tahun setelah Kejuaraan Dunia Senam Ritmik diadakan di Budapest.
Lomba perorangan dilangsungkan di ajang Olimpiade untuk tiga penampilan pertama olahraga ini dalam Olimpiade, dengan Lori Fung asal Kanada dianugerahi sebagai juara pertama dalam perlombaan all-around perorangan.
Perlombaan beregu, yang semula dipertandingkan oleh tim beranggotakan enam orang, kemudian ditambahkan dalam jadwal Olimpiade di Atlanta, AS pada 1996.
Dalam formatnya saat ini, perlombaan perorangan dan beregu dimulai dengan babak pendahuluan sebelum para pesenam terbaik maju ke babak final.
Dalam pertandingan perorangan, peserta melakukan serangkaian gerakan yang berlainan dengan empat alat dan jika mereka berhasil lolos ke babak final, skor dihitung ulang.
Dalam perlombaan all-around beregu, tim yang beranggotakan lima orang melakukan dua rangkaian gerakan secara bersamaan - yang pertama masing-masing anggota menggunakan alat yang sama dan yang kedua menggunakan kombinasi dua alat yang berbeda.
Panel juri menilai setiap rangkaian gerakan berdasarkan kemampuan atlet untuk melakukan unsur-unsur teknis yang berbeda, seperti loncatan dan pirouette, sambil menggunakan peralatan mereka, semuanya ditambahkan dengan kesulitan menyesuaikan gerakan dengan iringan musik.
Pesenam Rusia secara reguler mendominasi olahraga ini dalam Olimpiade dan Kejuaraan Dunia, dengan Yevgeniya Kanayeva menyabet enam emas dalam Kejuaraan Dunia tahun 2011.

All-Around Perorangan 




* Para pesenam berlomba di babak pendahuluan dalam pertandingan perorangan, dengan 10 pesenam terbaik maju ke babak final.
* Pertandingan perorangan telah menjadi bagian dari nomor senam ritmik sejak cabang olahraga ini pertama kali diikutsertakan dalam Olimpiade pada 1984.
* Rangkaian gerakan perorangan harus berlangsung antara 75 hingga 90 detik dan pesenam diberi penalti untuk setiap detik yang kurang atau lebih dari batas waktu.
* Pita yang digunakan dalam senam ritmik harus berukuran panjang tujuh meter dan tersambung ke tongkat pendek (50-60 cm) yang terbuat dari kayu, bambu, serat kaca atau plastik.
* Dalam rangkaian gerakan gada, pesenam memainkan dua gada berbentuk botol dengan panjang yang sama, masing-masing dengan berat sedikitnya 150 gram.

 ini dia video senam ritmik menggunakan tali perorangan:





All-Around Beregu 

* Perlombaan beregu, yang ditambahkan ke dalam jadwal Olimpiade pada 1996, melibatkan dua tim yang beranggotakan lima pesenam yang tampil bersamaan.
* Tim bertanding di babak pendahuluan, dengan delapan terbaik maju ke babak final.
* Rangkaian gerakan beregu harus berlangsung antara 2 menit 15 detik hingga 2 menit 30 detik. Tim diberi penalti untuk setiap detik yang kurang atau lebih dari batas waktu.
* Pita yang digunakan dalam senam ritmik harus berukuran panjang tujuh meter dan tersambung ke tongkat pendek (50-60 cm) yang terbuat dari kayu, bambu, serat kaca atau plastik.
* Dalam rangkaian gerakan gada, pesenam memainkan dua gada berbentuk botol dengan panjang yang sama, masing-masing dengan berat sedikitnya 150 gram.

 ini dia video senam ritmik menggunakan tali perkelompok:




Penulis : Unknown ~ Sebuah blog yang menyediakan berbagai macam informasi

Artikel Senam Ritmik Menggunakan Tali ini dipublish oleh Unknown pada hari Minggu, 04 November 2012. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar.sudah ada 14 komentar: di postingan Senam Ritmik Menggunakan Tali
 

14 komentar:

  1. malam sis
    Kalau di surabaya apakah ada informasi tentang sanggar senam rimik, dan dimana tempat yang menyediakan baju senam disini?,
    trima kasih atas infonya

    BalasHapus
  2. Sayang yah senam ritmik di Indonesia kurang begitu populer, oh iya cari baju senam terbaru untuk senam ritmik dimaana yah? makasih

    BalasHapus
  3. Keren baanget gan artikelnya ^^. Oiya gan, ane binggung nih sedang cari baju senam wanita yang murah dan berkualitas kira2 dimana yah? makasih

    BalasHapus
  4. salam kenal gan.... apakah senam ritmik memliki baju senam tersendiri..... kalo iya dimana ya tempat belinya...??? mohon infonya ya gan....:)

    BalasHapus
  5. salam kenal Kak
    Senam ritmik ini hanya menonjolkan keindahan gerakan bersamaan dengan peserta yaa? adakah gerakan ektra melelahkan pada senam ritmik? dan saya informasikan kepada temen2 semua jika cari baju senam murah untuk segala senam silahkan cek katalog baju senam di www.bajusenamgrosir.com
    mga bermanfaat :)

    BalasHapus
  6. Bedanya senam irama sama ritmik apa ya min? apakah baju senamnya juga berbeda min? thx ya :)

    BalasHapus
  7. Selamat Pagi sis,,,
    Ternyata banyak Juga ya kak perlombaan dari cabang senam ritmik ini,,,,
    dan klo Cari baju senam terbaru yg bagus seperti di foto itu di mana ya klo di Yogyakarta?
    Mohon infonyaa...

    BalasHapus
  8. wah asyik uga ya senam ritmik untuk perlombaan? adakah cara2 untuk menguasai senam ritmik? dan dimana yaa ada yang menjual baju senam body image secara khusus berdasarkan kita yang mesan?

    BalasHapus
  9. tali untuk senam ritmik ini kira kira dari bahan apa ya? trims

    BalasHapus
  10. matur nuhun atuch artikelnya, alhamdulillah bisa bantu meringankan tugas ane, oh iya kak bisa info tentang pakaian olahraga nike yang disurabya.

    BalasHapus
  11. salam kenal apakah setiap gerakan senam ritmik membutuhkan bantukan pita..
    dan apaka sudah ana baju senam muslimah untuk ritmik..

    BalasHapus
  12. salam kak, thank for artikelnya kak, oh iya kak bisa di tunjukkan yg jual baju senam crystal daerah surabya itu dmna ya kak

    BalasHapus
  13. Salam Olahraga
    Jika terjadi kesalahan dalam melakukan senam ritmik sehingga mengakibatkan cidera pada anggota tubuh, sebaiknya langkah pertama yg harus dilakukan bagaimana? dan bisa ngasih info mengenai tempat penjualan baju senam crystal khususnya di daerah Surabaya?
    Terimakasih atas artikelnya yg bermanfaat ini :-)

    BalasHapus
  14. makasih infonya mengenai senam ritmik, kunjungi juga koleksi lengkap senam aerobik

    BalasHapus