pendapat para ahli tentang sosiologi (≧▽≦)づ♥



() Pendapat para ahli tentang sosiologi 

1.     Charles Ellwod: sosiologi merupakan pengetahuan yang menguraikan hubungan manusia an golongannya, asal dan kemajuannya, bentuk dan kewajibannya.
2.     Gustav ratzenhofer: sosiologi merupakan pengetahuan tentanghubungan manusia dengan kewajibannya untuk menyelidiki dasar dan terjadinya evolusi sosial serta kemakmuran umum bagi anggota-anggotanya.
3.     Herbert Spencer: sosiologi mempelajari tumbuh, bangun dan kewajiban msayarakat
4.     Emile Durkheim: sosiologi merupakan ilmu yang mempelajari fakta-fakta sosial, yaitu fakta-fakta  yang berisikan cara bertindak, berfikir dan berperasaan yang ada di luar individu.fakta-fakta tersebut mempunyai kekuatan untuk mengendalikan individu.
5.     Max Weber: sosiologi mempelajari tentang tindakan-tindakan sosial
6.     Piritim A. Sorokin: sosiologi adalah ilmu yang mempelajari hbungan dan pengaruh timbal balik antara aneka macam gejala-gejala sosial(misalnya: gejala ekonomi dengan agama, keluarga dengan moral, hukum dengan ekonomi), hubungan dan pengaruh timbal balik antara gejala sosial dan non-sosial (misalnya: pengungsian dengan bencana  alam), dan ciri-ciri umum tentang gejala-gejala sosioal.
7.     Wiliam F. Ogburn dan Meyer F. Nimkoff: sosiologi sebagai ilmu tentang penelitian ilmiah terhadap interaksi sosial dan hasilnya adalah organisasi sosial
8.     Joseph Roucek dan Warren: mendfinisikan sosiologi sebgai ilmu yang mempelajari hubungan antarmanusia di dalam kelompok.
9.     Selo Soemardjan dan Soelaiman Soemardi: sosiologi adalah imu yang mempelajri struktur sosial dan proses-proses sosial, termasuk kedalamnya perubahan-perubahan sosial
10. Soerjono Soekanto: sosiologi merupakan ilmu yang mempelajari masyarakat dalam keseluruhannya dan hubungan antara orang-orang dalam masyarakat
11. Mayor Polak: sosiologi merupakan ilmu yang mempelajari masyarakat sebagai keseluruhan, yakni antarhubungan di antara manusia dengan manusia, manusia dengan kelompok, hubungan kelompok dengan kelompok, aik formal maupun material, statis maupun dinamis.
12. Hasan Shadily: sosiologi merupakan ilmu yang mempelajari hidup bersama dalam masyarakat dam ikatan-ikatan amtar manusia yang menguasai kehidupan itu.

Dari pendangan para ahli diatas dapat kita simpulkan bahwa Sosiologi adalah ilmu pengetahuan yang objek studinya adalah masyarakat. Sosiologi memusatkan kajiannya pada kehidupan kelompok dan produk kehiuppan kelompok tersebut. Adat istiadat, tradisi, nilai-nilai hidup suatu kelompok, pengaruhnya terhadap kehidupan kelompok, proses interaksi diantara kelompok dan perkembangan lembga-lembaga sosial merupakan perhatian Sosiologi.

Penulis : Unknown ~ Sebuah blog yang menyediakan berbagai macam informasi

Artikel pendapat para ahli tentang sosiologi (≧▽≦)づ♥ ini dipublish oleh Unknown pada hari Minggu, 07 Oktober 2012. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar.sudah ada 0 komentar: di postingan pendapat para ahli tentang sosiologi (≧▽≦)づ♥
 

0 komentar:

Posting Komentar