Hakikat Sosiologi (๑'⌣'๑)づ♥

('')♥ Definisi Sosiologi

apakah sosiologi itu? apa saja yang dipelajari dalam sosiologi? apa saja yang dilakukan oleh seorang sosiolog? jawaban atas pertanyan-pertanyaan tersebut itu bisa kita dapatkan secara sederhana dengan memperhatikan dan membaca berbagai berita di surat kabar atau majalah. bala kita perhatikan, surat-surat kabar atau majalah selalu menghadirkan cerita tentang apa yang dilakukan  manusia baik sebagai individu, kelompok, organisasi, atau masyrakan secara keseluruhan.

sebagai contoh, dalam sebuah kabar kita membaca berita tentang pembunuhan. terhadap peristiwa tersebut , kita mungkin bertanya apakah yang menjadi latar belakang sang pembunuh melakukan tindakan keji tersebut. kita coba menjawabnya dengan menelusuri pengalaman sosial orang tersebut misalnya mungkin dari latar beakang keluarga, pengalaman pendidikan, pengalaman dalam kelompok, dan sebaganya. dalam penelusuran tersebut kita mungkin menemukan hal-hal rasional yang mungkin mengakibatkan orang tersebut dapat melakukan tindakan pembunuhan. dengan cara berfikir analisis seperti itu, kita sebenarnya telah menjadi seorang sosiolog.

Namun,  sisiologi tidak hanya berbicara tentang kriminalitas (perilaku menyimpang). fenomena sosial lain seperti kemiskinan, ketidakadilan, konflik dan kekuasaan juga menjadi objek kajian sosiologi. singkatnya, sosiologi berusaha mengkaji drama kehidupan sosial manusia terutama tentang tindakan-tindakan manusia baik secara individual, tindakan kelompok, tindakan yang lazim (commomplace). Mauoun tindakan yang tidak lazim (unusual).

Dengan mengambil contoh dan paparan diatas, kita dapt menyimpulkan bahwa sosiologi adalah sebuah studi sistematis tentang:
1.     Perilaku sosial dari individu individu
2.     Cara kerja kelompok-kelompok sosial, organisasi, kebudayaan dan masyarakat
3.     Pengaruh dari kelompok organisasi, kebudayaan dan masyarakat terhadap perilaku individu dan kelompok

Meskipun berpendapat bahwa sosiologi hanya memusatkan perhatiannya kepada kelompok-kelompok (social group) dan perilaku masyarakat, definisi diatas memberi perhatian pada kenyataan bahwa sosiologi juga menaruh minat pada perilaku-perilaku individu yang dipengaruhi oleh kelompok atau masyarakat.

Penulis : Dika Haqiqi ~ Sebuah blog yang menyediakan berbagai macam informasi

Artikel Hakikat Sosiologi (๑'⌣'๑)づ♥ ini dipublish oleh Dika Haqiqi pada hari Minggu, 07 Oktober 2012. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar.sudah ada 0 komentar: di postingan Hakikat Sosiologi (๑'⌣'๑)づ♥
 

0 komentar:

Poskan Komentar